Tautan-tautan Akses

Pemred Portal Berita Hongaria Dipecat


Pemred yang kritis terhadap pemerintahan PM Viktor Orban.dipecat di Hongaria (foto: dok).

Pemilik portal berita independen terkemuka Hongaria index.hu hari Rabu (22/7) memecat pemimpin redaksi Szabolcs Dull, sebulan setelah ia memperingatkan bahwa independensi media tersebut terancam oleh pemerintah.

Index menetapkan barometer kemandiriannya sebagai "dalam bahaya" yang menandakan bahwa ada upaya pihak luar untuk memengaruhi pemberitaannya. Sejauh ini, Index adalah organisasi media terbesar dan kritis terhadap pemerintahan Perdana Menteri Viktor Orban.

Orban menggambarkan dirinya sebagai tidak liberal, dan memimpin pemerintahan nasionalis. Ia kerap berselisih dengan Uni Eropa yang mulai menerapkan prosedur hukuman atas merosotnya supremasi hukum, termasuk kebebasan media, di Budapest.

Kekhawatiran sejak lama dengan independensi Index semakin besar setelah pengusaha yang pro-pemerintah, Miklos Vaszily, memegang kendali cukup kuat atas pendanaan situs itu awal tahun ini.

Dalam pernyataan, Laszlo Bodolai, ketua yayasan yang memiliki portal itu, Index.hu Zrt., mengatakan Dull terbukti tidak mampu mengendalikan ketegangan internal setelah kehadiran Vaszily dan berbagai upaya Vaszily memengaruhi kemandirian pemberitaan portal berita itu.[ka/jm]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG