Tautan-tautan Akses

Pemilu AS di Beberapa Negara Bagian Berikan Hasil Beragam


Para pemilih AS memberikan suara di sebuah TPS di Fairfax, Virginia, Senin (5/11). (Photo: Diaa Bekheet)
Para pemilih AS memberikan suara di sebuah TPS di Fairfax, Virginia, Senin (5/11). (Photo: Diaa Bekheet)

Dalam pemilihan di beberapa negara bagian, sekutu Partai Republik Presiden Trump memenangkan pemilihan gubernur di negara bagian Mississippi, namun kalah dalam pemilihan lain di Kentucky dan kehilangan kendali legislatif di negara bagian Virginia yang direbut oleh pihak Demokrat, untuk pertama kalinya dalam 25 tahun.

Trump berkampanye pekan lalu untuk wakil gubernur Mississippi, Tate Reeves, seorang pendukung setianya, yang menang atas Jim Hood, jaksa agung negara bagian itu dari partai Demokrat. Tetapi favorit Trump lainnya, Gubernur Kentucky Matt Bevin, kalah tipis dari Demokrat lawannya, Andy Beshear, juga seorang jaksa agung negara bagian, meskipun Trump berkampanye untuk Bevin dalam rapat umum pemilu yang ramai.

Setelah hampir semua suara dihitung di Kentucky, calon gubernur dari Partai Demokrat Andy Beshear unggul dengan perolehan suara 49,2 persen dari Bevin, yang meraih 48,8 persen. Beshear mengklaim kemenangan, sementara Bevin menolak untuk mengakui kekalahannya.

"Pemilih malam ini di Kentucky mengirim pesan lantang dan jelas bagi semua orang. Pesan yang mengatakan bahwa pemilihan kita tidak harus mengenai paham kanan versus kiri, namun terkait dengan benar versus salah," kata Beshear.

Sementara lawannya, Matt Bevin mengatakan, "Kita ingin prosesnya dipatuhi dan ada proses. Kita mengetahui fakta bahwa ada lebih dari sekedar sedikit penyimpangan. Penyimpangan ini didukung bukti kuat. Tidak masalah. Apa penyimpangan itu, berapa banyak, yang mana dan apa dampaknya jika ada, akan ditentukan oleh hukum."

Analis politik mengatakan persaingan Gubernur Kentucky bisa menjadi petunjuk mengenai prospek peluang Presiden Trump pada pemilihan tahun depan. Trump secara pribadi pergi ke Kentucky pada hari Senin (5/11) untuk ikut berkampanye guna meningkatkan peluang pemilihan kembali Bevin, dan untuk mendukung peluangnya sendiri pada tahun 2020.

Sementara itu, kandidat gubernur Partai Republik lainnya yang didukung oleh Trump, memenangkan pemilihan hari Selasa. Tate Reeves dari Mississippi dengan mudah mengalahkan penantangnya dari Partai Demokrat, Jim Hood, memenangkan 52 persen suara dibandingkan dengan Hood yang memperoleh 47 persen.

Di negara bagian Virginia, Trump melalui Twitter, mendesak para pemilih untuk memastikan Partai Republik terus menguasai Majelis Umum negara bagian. Tetapi Gubernur Ralph Northam dari partai Demokrat, yang masih akan menjabat dua tahun lagi, mendapat cukup kursi untuk menguasai Senat negara bagian dan DPR.

Partai Demokrat di negara bagian Virginia merebut kendali pada kedua majelis legislatif negara bagian untuk pertama kalinya dalam lebih dari 20 tahun.

Trump pada hari Rabu (7/11) akan kembali berkampanye di negara bagian Louisiana, dimana kandidat dari Partai Republik Eddie Rispone berusaha mengalahkan Gubernur dari Partai Demokrat John Bel Edwards dalam pemilihan putaran kedua minggu depan. (ps/my)

XS
SM
MD
LG