Tautan-tautan Akses

AS

Pemerintah AS Izinkan Lebih Banyak Pekerja Asing Sementara


Beberapa warga Amerika Tengah yang menjadi pekerja asing sementara di Amerika dengan visa H-2B.

Pemerintah Amerika Serikat menyatakan, Kamis (5/3), akan memperbolehkan 35.000 pekerja asing sementara di Amerika, untuk mengisi pekerjaan musiman pada sektor non-pertanian.

Sejumlah visa tambahan, selain 66.000 visa yang dikeluarkan setiap tahunnya sesuai undang-undang Amerika, adalah jumlah tertinggi tahunan yang diperbolehkan di bawah pemerintahan Presiden Donald Trump.

10.000 visa H-2B tambahan akan disisihkan untuk pertama kalinya bagi warga Guatemala, El Salvador, dan Honduras. Karena negara-negara itu sepakat untuk bekerja sama menampung para pencari suaka di Amerika Serikat di wilayah mereka, menurut Departemen Keamanan Dalam Negeri.

Pekerja musiman dengan visa H-2B diizinkan untuk bekerja di Amerika selama kurang dari satu tahun. Mereka akan bekerja dalam sektor pertamanan, perhotelan, restoran, seafood dan pengolahan daging.

Banyak bisnis Amerika dan politisi kedua partai menyerukan adanya penambahan, di tengah pasar kerja yang ketat.

Pemerintah mengatakan akan mengambil “langkah signifikan” untuk menangani kasus penipuan dan penyalahgunaan dalam program H-2B dan secara umum akan membatasi visa para pekerja yang kembali. [ti/ii]

XS
SM
MD
LG