Tautan-tautan Akses

Pemadam Kebakaran Selamatkan Pilot Pesawat yang Tersangkut di Puncak Pohon


Pesawat ringan sejenis ini yang mendarat di puncak pohon di Idaho (foto: Ilustrasi)
Pesawat ringan sejenis ini yang mendarat di puncak pohon di Idaho (foto: Ilustrasi)

Seorang pilot yang mencoba mendarat darurat di sebuah ladang di Idaho minggu ini, malah tanpa sengaja membawa pesawat kecilnya bertengger di atas pohon setinggi 18 meter, kata para pejabat setempat.

Pilot John Gregory tidak mengalami cedera dalam kecelakaan Senin malam itu. Insiden tersebut terjadi ketika pesawat bermesin tunggal Piper Cub PA-18 kehilangan tenaga dan penyangga sayapnya tersangkut di pohon, kata pemadam kebakaran di kota wisata McCall.

Gregory diselamatkan dari tempatnya bertengger di atas pohon cemara raksasa oleh seorang relawan pemadam kebakaran Randy Acker, yang memiliki perusahaan penebangan pohon. Acker meminta Gregory berdiri di pesawat sehingga kemudian memberinya tali penuntun dan peralatan pengaman untuk turun dari atas pohon itu.

Sebagian besar badan pesawat itu bertengger pada satu pohon dan bagian lainnya juga tersangkut di pohon pinus di dekatnya.

Bagian baling-baling pesawat dan salah satu rodanya jatuh namun sisa pesawat masih utuh tersangkut di pohon itu.

Acker memotong dahan ketika ia memanjat pohon sampai mencapai 6 meter dari atas, di mana cabang-cabang pohon menopang pesawat naas itu.

Kapten Pemadam Kebakaran McCall, Brandon Swain mengatakan Acker kemudian mengamankan pesawat ke pohon dengan menggunakan tali sebelum Gregory diselamatkan.

Para pejabat berusaha mencari cara untuk menurunkan pesawat itu dari puncak pohon dan memperingatkan warga agar menjauh.

Jaringan televisi lokal KIVI dan KBOI di Boise, Idaho pertama kali melaporkan insiden tersebut. [my]

XS
SM
MD
LG