Tautan-tautan Akses

Pejuang Perlawanan Norwegia Joachim Ronneberg Wafat


(Dari kiri ke kanan) Pahlawan Perang Dunia II, Joachim Ronneberg (93 tahun), Kepala Angkatan Bersenjata Norwegia Jenderal Harald Sunde, dan Menteri Pertahanan Norwegia Anne-Grete Strom-Erichsen menghadiri upacara tabur bunga di monumen agen SOE di pusat Kota London, 25 April 2013.

Joachim Ronneberg, warga Norwegia yang terkenal sebagai tokoh perlawanan karena keberaniannya membantu mencegah Nazi Jerman mengembangkan senjata nuklir, telah meninggal dalam usia 99 tahun.

Perdana Menteri Norwegia Erna Solberg menyebutnya sebagai salah seorang pahlawan negara dan kemungkinan tokoh perlawanan Perang Dunia II yang terakhir.

Ronneberg lari dari Norwegia ketika Nazi menginvasi negara itu pada 1940. Dia mengikuti pelatihan dengan gerakan perlawanan Norwegia di Inggris dan kembali ke Norwegia yang dikuasai Nazi.

Ronneberg memimpin Operasi Gunnerside -- misi rahasia pada 1943 yang meledakan sebuah pembangkit Jerman yang memproduksi heavy water atau air yang mengandung hidrogen dalam jumlah sangat besar. Heavy water adalah komponen penting dalam riset nuklir.

Nazi sedang berupaya membangun senjata nuklir dan mungkin telah mengembangkan sebuah bom untuk digunakan di New York atau London apabila pembangkit itu tidak dihancurkan dan Hitler dikalahkan pada 1945.

Kisah Ronneberg diangkat dalam film pada 1965, “The Heroes of Telemark.”

Ronneberg kemudian menjadi wartawan dan jarang membicarakan tentang pengalamannya semasa perang kecuali untuk memperingatkan generasi muda mengenai bahaya pemerintah totalitarian. [vm]

XS
SM
MD
LG