Tautan-tautan Akses

Pejabat Lingkungan Tinggalkan Iran


Kaveh Madani, pejabat senior lingkungan Iran

Pejabat senior lingkungan Iran, yang aktivisme dan koneksinya dengan Barat menuai kecaman pedas dari kalangan konservatif, mengungkapkan ia telah melepas jabatannya dan meninggalkan negara itu.

Dalam cuitan yang diunggah hari Selasa (17/4), Kaveh Madani mengatakan ia "melarikan diri" dari negara di mana, menurutnya, "sains, pengetahuan, dan keahlian" disingkirkan oleh orang-orang yang tidak peduli.

Madani, pakar lingkungan berpendidikan Amerika, usia pertengahan 30-an tahun, menjabat wakil ketua Departemen Lingkungan Iran. Ia bertanggung jawab untuk urusan internasional dan inovasi sejak September lalu ketika Presiden Iran Hassan Rouhani membujuknya mundur dari jabatan dosen di Imperial College London dan pulang ke Iran untuk menduduki jabatan pemerintah.

Kabar tentang kepergian Madani dari Iran pertama kali muncul dalam cuitan hari Senin oleh anggota parlemen reformis Mahmoud Sadeghi, yang mengatakan mantan pejabat itu dan istrinya telah meninggalkan Iran. Belum jelas kapan Madani meninggalkan Iran atau ke mana ia pergi. [ka/al]

XS
SM
MD
LG