Tautan-tautan Akses

PBB: Waktu adalah Faktor Penting Pernyelesaian Krisis Semenanjung Korea


Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Yong Ho, kanan, dan wakil sekjen PBB untuk urusan politik Jeffrey Feltman bersalaman di Mansudae Assembly Hall di Pyongyang, Korea Utara, 7 Desember 2017.

PBB mengatakan waktu adalah faktor penting dalam penyelesaian ketegangan di semanjung Korea dengan damai.

Jeffrey Feltman, wakil sekjen PBB bidang masalah politik, yang berkunjung ke Korea Utara pekan ini, mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Ri Yoing Ho dan Wakil Menteri Luar Negeri Pak Myong Guk.

Media pemerintah Korea Utara mengatakan sebagai hasil pertemuan mereka kedua pihak telah sepakat untuk berkomunikasi secara teratur.

Kantor berita resmi Korea Utara, KCNA, mengatakan hari Sabtu perkembangan terbaru ini adalah hasil kunjungan 4 hari terakhir Feltman ke negara yang terkucil itu.

Seorang juru bicara PBB mengatakan ketiga diplomat "bertukar pandangan mengenai semenanjung Korea dan sependapat bahwa keadaan sekarang ini adalah masalah perdamaian dan keamanan yang paling tegang dan berbahaya di dunia sekarang ini.”

Media pemerintqah Korea Utara mengatakan kunjungan Feltman "membantu memperdalam saling pengertian antara Korea Utara dan Sekertariat PBB."

Kunjungan Feltman diadakan segera setelah Amerika dan Korea Selatan mengadakan latihan angkatan udara bersama tahunan, yang paling besar dalam sejarah.

KCNA mengatakan Pyongyang menganggap latihan bersama itu bagian dari "rencana Amerika melakukan serangan penangkal nuklir mendadak" terhadap Korea Utara.

Bulan November lalu Korea Utara menguji coba misil balistik antar-benua yang baru yang menurut pakar mampu mencapai Amerika Serikat. Misil ICBM yang baru itu adalah satu dari beberapa percobaan misil yang dilakukan oleh Pyongyang, serta beberapa percobaan nuklir, “dengan melanggar sanksi internasional.” [gp]

XS
SM
MD
LG