Tautan-tautan Akses

Para Pakar Finlandia Berupaya Temukan Meteorit


Bintang dan garis-garis meteor terlihat di balik rumah yang hancur, dekat Tuzla, Bosnia, Rabu, 12 Agustus 2015. (Foto: dok). Para pakar Finlandia sedang memperhitungkan dengan cepat lintasan bola api yang membara yang menerangi langit gelap kawasan Artik Finlandia yang diduga meteorit, Kamis (17/11).

Para pakar Finlandia sedang memperhitungkan dengan cepat lintasan bola api yang membara yang menerangi langit gelap kawasan Artik Finlandia selama lima detik dalam usaha untuk menemukan benda angkasa tersebut.

Tomas Kohout dari fakultas Fisika Universitas Helsinki mengatakan bola api hari Kamis (17/11) yang diduga meteorit, “tampaknya salah satu yang paling terang.”

Kohout mengatakan yang diduga meteorit itu menimbulkan gelombang dentuman yang terasa seperti ledakan dan dapat kelihatan dari Norwegia utara dan semenanjung Kola, Rusia.

Ia mengatakan kepada Associated Press hari Sabtu “kami yakin meteorit itu tidak hancur tetapi mencapai tempat terpencil di Finlandia.” Tetapi ia mengatakan setiap rencana pencarian meteorit itu harus menghadapi kenyataan bahwa “saat ini kita tidak mendapat banyak siang hari, persisnya hanya empat jam.” [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG