Tautan-tautan Akses

Pangeran Phillip Dibawa ke Rumah Sakit


Pangeran Phillip (kanan) bersama Ratu Inggris Elizabeth pada perayaan HUT Ratu Elizabeth ke-90 di London, Inggris April 2016 (foto: dok).

Pangeran Phillip, suami Ratu Inggris Elizabeth, hari Jumat (20/12) dibawa ke rumah sakit sebagai tindakan pencegahan untuk merawat kondisnya, demikian pernyataan Istana Buckingham.

Philip, yang gelar resminya adalah Duke of Edinburg, dibawa dari rumah keluarga kerajaan di Sandringham, Norfolk, di bagian timur Inggris ke RS King Edward VII di London untuk diobservasi dan menjalani perawatan.

“Pangeran Philip dibawa ke rumah sakit sebagai tindakan pencegahan, atas saran dokter yang mulia,” demikian bagian lain petikan pernyataan itu.

Sebuah sumber kerajaan mengatakan Phillip tidak masuk ke bagian gawat darurat dan ia dapat berjalan sendiri ke rumah sakit. Ia diperkirakan akan dirawat selama beberapa hari.

Phillip, yang kini berusia 98 tahun, telah mendampingi istrinya sepanjang 67 tahun ini. Ia pensiun dari kehidupan publik pada Agustus 2017, meskipun sesekali masih muncul di beberapa acara resmi.

Media-media Inggris melaporkan Pangeran Phillip belum pernah terlihat di depan publik lagi setelah pernikahan anak dari sepupu pertama Ratu Elizabeth, Gabriella Windsor, Mei lalu di Istana Windsor.

Ratu Elizabeth II yang kini berusia 93 tahun membuka sidang parlemen secara resmi Kamis lalu (19/12) dan ketidakhadiran Phillip karena sakit tidak mengganggu rencananya ketika ia tiba di Norfol hari Jumat sebelum menuju ke Sandringham di mana sesuai tradisi keluarga kerajaan berkumpul untuk merayakan Natal. (em/pp)

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG