Tautan-tautan Akses

AS

Panel DPR Selidiki Staf Trump Atas Tuduhan KDRT 


Staf Gedung Putih Rob Porter tiba menggunakan Air Force One di Morristown, New Jersey, 4 Agustus 2017.

Komisi Pengawasan DPR AS, Rabu (14/2) mulai menyelidiki mengapa staf Presiden Donald Trump, Rob Porter, bisa tetap bekerja di Gedung Putih selama berbulan-bulan, setelah FBI menyerahkan laporan resmi yang menyatakan dua mantan istri Porter menuduh Porter melakukan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT.)

Porter mengundurkan diri pekan lalu, tapi Direktur FBI Christopher Wray awal pekan ini mengatakan kepada anggota DPR bahwa tim penyidik telah memberi tahu pejabat Gedung Putih sejak Maret 2017, mengenai tuduhan KDRT terhadap Porter. Porter bertugas mengawasi berbagai dokumen dan kebijakan yang dikirim kepada Trump untuk diteliti.

Sebagai pengakuan atas kelemahan Gedung Putih itu, Wakil Presiden Mike Pence mengatakan, "Saya kira Gedung Putih seharusnya bisa menangani hal ini dengan lebih baik."

Pada Rabu, Trump akhirnya mengutuk kekerasan dalam rumah tangga.

Menjawab pertanyaan wartawan pada akhir pertemuan di Oval Office, dia berkata, "Saya menentang kekerasan dalam rumah tangga dan semua orang di sini tahu itu, saya benar-benar menentang kekerasan dalam rumah tangga dalam bentuk apapun. Semua orang tahu itu dan bahkan tidak perlu dikatakan lagi. Jadi sekarang Anda mendengarnya, Anda semua mengetahuinya." [as/al]

XS
SM
MD
LG