Tautan-tautan Akses

Panama Alihkan Hubungan Diplomatik dari Taiwan ke China


Presiden Panama Juan Carlos Varela (Foto: dok).

Presiden Panama Juan Carlos Varela mengumumkan Senin malam (12/6), Negara Amerika Tengah itu akan mengalihkan hubungan diplomatik dari Taiwan ke China, langkah yang menurut para analis keberhasilan besar Beijing dalam usahanya mengucilkan Taiwan yang mempunyai pemerintahan sendiri itu.

Dalam pidato televisi hari Senin, Varela mengatakan Panama, yang mempunyai makna strategis bagi China, sedang meningkatkan hubungan niaga dengan Beijing dan menegakkan hubungan diplomatik penuh dengan pengguna kedua terbesar terusan Panama itu. “Saya yakin bahwa ini adalah jalan yang benar bagi negara kita,” katanya.

Pemutusan mendadak oleh Panama hubungan dengan Taiwan telah memperkeras tentangan Taiwan terhadap China, yang dicurigainya merekayasa langkah Panama itu. Tidak ada tanda-tanda Taipei akan memenuhi tuntutan jangka panjang Beijing. Taiwan berreaksi dengan memutuskan hubungan resmi dengan Panama dan semua bantuan.

Taiwan melampiaskan kemarahan terhadap China serta Panama, yang memutuskan hubungan diplomatik itu setelah mengakui pemerintah Taiwan selama lebih satu abad. [gp]

XS
SM
MD
LG