Tautan-tautan Akses

Pakar Bom Hong Kong Berusaha Jinakkan Bom Peninggalan Perang


Tim penjinak bom dari kepolisian setempat dikerahkan di lokasi kejadian, di distrik Wan Chai, Hong Kong, Rabu 31 Januari 2018.

Polisi Hong Kong menutup sebuah kawasan di pusat kota yang sibuk, Rabu (31/1), setelah sebuah bom peninggalan zaman perang ditemukan di sebuah lokasi konstruksi di pusat keuangan Asia itu.

Tim penjinak bom dikerahkan ke lokasi penemuan di distrik Wan Chai itu, dan polisi terpaksa mengalihkan arus lalu lintas. Toko-toko dan kantor-kantor di sekitar lokasi itu ditutup, sementara layanan feri di pelabuhan di dekatnya dihentikan

Tim penjinak bom tiba di distrik Wan Chai, Hong Kong, Rabu 31 Januari 2018.
Tim penjinak bom tiba di distrik Wan Chai, Hong Kong, Rabu 31 Januari 2018.

Para pakar bom mengindentifikasi bom itu sebagai bom buatan AS seberat 450 kilogram dan jenisnya serupa dengan bom lain yang ditemukan di sebuah jalur trem beberapa hari sebelumnya namun berhasil dijinakkan.

Menurut pakar penjinak bom Alick McWhirter, bom yang baru ditemukan itu kemungkinan sulit dilumpuhkan karena mekanisme sistem pengamannya rusak berat. Selain itu, katanya, bom itu ditemukan di posisi yang sulit dijangkau, yakni di sebuah lereng.

Bom itu diyakini dijatuhkan pesawat tempur pada Perang Dunia Kedua, ketika bekas koloni Inggris itu menjadi lokasi pertempuran antara pasukan Sekutu dan pasukan pendudukan Jepang. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG