Tautan-tautan Akses

OECD Ramalkan Pertumbuhan Ekonomi Dunia 3,7%


Angel Gurria, Sekjen Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan atau OECD (foto: dok).

Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) yang merilis ramalan terbarunya hari Selasa mengatakan perekonomian dunia akan menyaksikan pertumbuhan lebih cepat tahun depan namun memperingatkan belum terjadi perluasan ekonomi berkesinambungan.

OECD mengatakan dengan berlanjutnya pertumbuhan ekonomi di Amerika Serikat, Tiongkok dan zona euro tahun depan, ekonomi global akan tumbuh pada laju 3,7 persen tahun mendatang, sedikit di atas laju 3,6 persen tahun ini.

"Perekonomian global sekarang tumbuh pada laju tercepat sejak 2010, perkembangan menggembirakan ini semakin tersinkronisasi lintas negara," kata OECD, namun mencatat bahwa pemulihan itu "kecil" dibandingkan di masa lalu.

Namun, OECD juga memperingatkan bahwa "prospek berlanjutnya pertumbuhan ekonomi global sampai tahun 2019 dan mengamankan fondasi untuk lebih besar dan kuat serta inklusif, belum terselenggara."

"Belum ada jaminan pertumbuhan yang kuat untuk jangka menengah," tambah pernyataan itu.

OECD berbasis di Paris dan memberi saran kepada 35 negara anggota yang sebagian besar adalah negara industri, mengenai kebijakan ekonomi, juga menyerukan reformasi untuk mendorong aktivitas bisnis, perdagangan dan investasi.

"Peningkatan investasi diperlukan bagi pemulihan kuat yang berkelanjutan di negara maju," kata OECD.

OECD menaikkan perkiraan pertumbuhan ekonomi AS menjadi 2,2 persen tahun ini dan 2,5 persen untuk tahun 2018. [my]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG