Tautan-tautan Akses

AS

35 Negara Bagian AS Gugat Trump Soal Penghitungan Kursi DPR


Presiden Donald Trump di Morristown, Jumat, 24 Juli 2020. Trump menghabiskan akhir pekan di klub golfnya di dekat Bedminster. (Foto: AP/Patrick Semansky)

Koalisi 35 negara bagian AS, kota dan kabupaten menuntut Presiden Donald Trump, Jumat (24/7,) terkait arahannya untuk tidak menghitung imigran gelap dalam menentukan jumlah kursi di DPR. Para kritikus memandang hal tersebut sebuah langkah yang dirancang untuk membantu Partai Republik.

Rencana Trump, yang diumumkan pada hari Selasa lalu itu dapat mengakibatkan beberapa juta orang tidak masuk dalam perhitungan untuk menentukan pembagian 435 kursi DPR. Hal itu dimulai dengan pemilihan sela tahun 2022 mendatang. Ini dapat menyebabkan pergeseran sejumlah kursi DPR dari negara-negara bagian yang berhaluan Demokrat dengan populasi imigran yang besar menjadi negara bagian yang berhaluan Republik.

Mekanisme distribusi tersebut juga menjadi dasar untuk menentukan banyaknya daerah pemilihan pada pemilihan presiden tahun 2024 dan 2028.

Sebagian penggugat yang cenderung Demokrat itu termasuk di antaranya negara bagian New York, penggugat terpadat, Illinois, Massachusetts, Michigan, New Jersey, Pennsylvania, Kota New York, Chicago, Philadelphia dan San Francisco.

Gedung Putih menolak untuk memberikan komentar. [mg/pp]

Lihat komentar (4)

XS
SM
MD
LG