Tautan-tautan Akses

Militer AS Cari Pesawat Tempur F35 yang Hilang di South Carolina


Sebuah pesawat tempur F-35 AS (foto: ilustrasi).
Sebuah pesawat tempur F-35 AS (foto: ilustrasi).

Pejabat-pejabat militer Amerika telah meminta publik untuk membantu mencari sebuah pesawat tempur F-35 yang hilang di sekitar South Carolina setelah “kecelakaan” yang menyebabkan pilot terlontar pada hari Minggu (17/9).

Pilot, yang namanya belum dirilis, terjun payung dengan selamat ke sebuah kawasan di kota pesisir Charleston, dan tetap berada dalam kondisi stabil saat dibawa ke rumah sakit terdekat.

Pesawat naas itu diperkirakan berada di suatu tempat di utara kota Charleston, dan para pejabat militer – lewat postingan di dunia maya – telah meminta bantuan masyarakat untuk menemukan pesawat tersebut.

Pangkalan Gabungan Charleston mencuit di X, yang dulu dikenal sebagai Twitter, “jika Anda memiliki informasi apapun yang dapat membantu tim pemulihan kami menemukan F-35 itu, silahkan hubungi Pusat Operasi Pertahanan Pangkalan.”

Penyebab kecelakaan itu masih belum jelas dan saat ini sedang diselidiki.

Penerbangan pesawat tempur F-35 itu merupakan bagian dari latihan di Pangkalan Udara Korps Marinir Amerika di dekat Beufort, yang kini telah bekerjasama dengan Pangkalan Gabungan Charleston untuk menemukan pesawat yang hilang tersebut.

Menurut Master Sgt. Heather Stanton di Pangkalan Gabungan Charleston, pencarian kini difokuskan terutama pada dua danau dekat Charleston Utara, yaitu Danau Moultrie dan Danau Marion, yang dinilai sebagai lokasi yang paling memungkinkan terjadinya kecelakaan berdasarkan lintasan pesawat.

Operasi pencarian itu melibatkan helikopter polisi yang sebelumnya tidak dapat terbang karena cuaca buruk. [em/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG