Tautan-tautan Akses

Mesir, Libya Lancarkan Serangan Udara terhadap Militan


Peta kawasan Derna, Libya.

Pesawat-pesawat tempur Mesir dan Libya dilaporkan melancarkan lebih banyak serangan udara terhadap militan Islam yang membunuh 29 warga Kristen Mesir pekan lalu.

Para saksi mata mengatakan serangan hari Senin (29/5) itu menarget kota Derna di Libya, di mana menurut Mesir para militan memiliki kamp.

Para pejabat militer Mesir belum mengukuhkan serangan hari Senin itu, tetapi seorang juru bicara Libya mengatakan bahwa dua kelompok yang berafiliasi dengan al-Qaida menjadi sasaran serangan itu.

Angkatan udara Mesir mulai menyerang kamp-kamp itu hari Jumat, hanya beberapa jam setelah militan membunuh 29 warga Kristen dan melukai 24 lainnya di provinsi Mitu, Mesir.

Sebuah faksi yang memerintah di Libya timur, yang beraliansi dengan Mesir, ikut ambil bagian dalam serangan udara itu.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov berada di Kairo pada hari Senin, dan mengatakan Moskow akan mendukung inisiatif apapun yang benar-benar akan membantu dalam memerangi terorisme. Dia bertemu dengan Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry, yang mengatakan bahwa Kairo berkoordinasi dengan Rusia dalam pertarungan tersebut, termasuk menghentikan pendanaan teror dan mencegah negara-negara memberikan tempat yang aman bagi ekstremis. [lt]

XS
SM
MD
LG