Tautan-tautan Akses

Menteri Pertahanan Croatia Mundur Terkait Kecelakaan Pesawat Militer


Sebuah pesawat militer Croasia jatuh dan terbakar di Biljane, Croatia, 7 Mei 2020.
Sebuah pesawat militer Croasia jatuh dan terbakar di Biljane, Croatia, 7 Mei 2020.

Menteri Pertahanan Croatia mengundurkan diri setelah sebuah pesawat latihan angkatan udara jatuh tidak lama setelah lepas landas dari sebuah pangkalan udara militer di bagian barat daya negara itu.

Kedua awak pesawat itu tewas dalam kecelakaan hari Kamis (7/5). Kecelakaan serupa tiga bulan silam, sewaktu sebuah helikopter jatuh, juga menewaskan dua pilotnya.

Damir Krsticevic mengumumkan pengunduran dirinya, dengan mengatakan “kita harus transparan” dan memikul tanggung jawab atas kecelakaan itu.

“Ini adalah kehilangan besar bagi militer Croatia. Hari ini saya meletakkan jabatan dari peran sebagai wakil presiden dan menteri pertahanan Republik Croatia. Terima kasih,” kata Krsticevic.

Kementerian Pertahanan Croatia mengemukakan dalam suatu pernyataan bahwa pesawat bermesin tunggal Zlin jatuh sekitar pukul 4 sore dalam penerbangan latihan rutin di Zadar, kota di bagian tengah negara itu.

Kementerian tidak memberi penjelasan apa pun mengenai kemungkinan penyebab kecelakaan itu.

Foto-foto dari lokasi kecelakaan memperlihatkan puing-puing pesawat yang dilalap api, di dekat apa yang tampak sebagai rumah warga. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG