Tautan-tautan Akses

Menlu Australia Desak Perdamaian di Semenanjung Korea


Foto yang dirilis oleh Kantor Pusat Berita Korea (KCNA) milik pemerintah Korea Utara pada 29 November 2019 menunjukkan uji coba penembakan roket. (Foto dari KCNA melalui KNS dan AFP)

Menteri Pertahanan Korea Selatan, Selasa menyatakan "kekhawatiran mendalam" atas uji coba mesin dan peluncuran rudal balistik Korea Utara baru-baru ini ke laut.

Dalam kunjungan ke Sydney, Menteri Pertahanan Korea Selatan, Jeong Kyeong-doo mengatakan uji coba Korea Utara yang tidak dirinci tersebut, di sebuah lokasi peluncuran roket adalah uji coba mesin roket. Peristiwa ini terjadi di tengah-tengah spekulasi Korea Utara mengambil langkah awal ke arah peluncuran roket jarak jauh yang dilarang.

Dalam konferensi pers, Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne dan Menteri Luar Negeri Korea Selatan Kang Kyung-wha juga berbicara mengenai pentingnya bekerja sama untuk membangun perdamaian di semenanjung Korea.

Banyak pakar mengatakan uji coba yang dilaporkan itu mengindikasikan Korea Utara sedang bersiap-siap meluncurkan roket pembawa satelit dalam uji terselubung, teknologi rudal jarak jauh di tengah kebuntuan dalam diplomasi yang dipimpin AS untuk mengakhiri krisis nuklir Korea Utara. [my/rw]

Recommended

XS
SM
MD
LG