Tautan-tautan Akses

AS

Menlu AS Bertemu Para Pemimpin Denmark


Menlu Denmark Jeppe Kofod (kanan) dan Menlu AS Mike Pompeo dalam konferensi pers di Copenhagen, Denmark, 22 Juli 2020.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo tiba di Denmark, Rabu (22/7), untuk melangsungkan pertemuan dengan para pemimpin negara itu, yang kemungkinan akan membahas pembangunan saluran pipa gas alam yang ditentang Washington.

Pompeo dijadwalkan bertemu Perdana Menteri Mette Frederiksen dan Menteri Luar Negeri Jeppe Kofod. Ia juga akan berpartisipasi dalam sebuah pertemuan dengan para pemimpin Greenland dan Kepulauan Faeroe, wilayah-wilayah semiotonom Denmark.

Salah satu topik yang kemungkinan akan dibahas adalah pembangunan saluran pipa Nord Stream 2 di kedalaman Laut Baltik dari Rusia ke Jerman. Pekan lalu, pemerintahan presiden Donald Trump memperingatkan bahwa perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam proyek itu akan mendapat hukuman dari AS jika tidak menghentikan pekerjaan mereka.

Uni Eropa memperingatkan AS untuk berhenti mengancam akan memberlakukan sanksi-sanksi dagang terhadap perusahaan-perusahaan Uni Eropa yang terlibat dalam proyek Jerman-Rusia itu, dan mengajak berdiskusi antara sesama sekutu.

Oktober tahun lalu, Denmark memberi izin memasang pipa gas alam itu melalui wilayahnya. AS menentang proyek yang akan menyalurkan gas alam hingga sejauh 1.200 kilometer itu. Bersama negara-negara Eropa Timur yang juga menentang proyek itu, pemerintah AS beralasan, keberadaan saluran pipa itu akan meningkatkan ketergantungan Eropa terhadap energi Rusia. [ab/uh]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG