Tautan-tautan Akses

Meksiko Keluarkan Perintah Penangkapan Mantan Kepala Badan Investigsi Kriminal


Mantan Kepala Badan Investigasi Kriminal Meksiko, Tomas Zeron de Lucio, di Mexico City, 13 Januari 2015. (Foto: dok).

Seorang hakim Meksiko mengeluarkan surat perintah penangkapan bagi mantan kepala badan investigasi kriminal pemerintah yang memimpin penyelidikan dalam penghilangan dan dugaan pembunuhan 43 mahasiswa pada tahun 2014.

Tidak seorang pun tersangka yang diidentifikasi atau ditangkap dalam kasus tersebut, dan tidak satupun dari 43 mayat mahasiswa itu yang ditemukan, meskipun satu penggalan tulang telah ditemukan dan diidentifikasi sebagai tulah salah seorang mahasiswa itu.

Tomas Zeron, yang oleh pihak berwenang diyakini memanipulasi penyelidikan itu, diduga berada di Kanada. Ini mendorong hakim mengeluarkan surat perintah penangkapan dengan Interpol, badan penegakan hukum internasional yang berbasis di Perancis.

Para mahasiswa itu diduga diculik oleh polisi yang korup di kota Iguala pada September 2014, dan diserahkan kepada para anggota kartel narkoba. Menurut penyelidikan awal, mereka yang diduga sebagai pembunuh membakar mayat para mahasiswa. Tetapi dua tim pakar independen menyatakan meragukan kesimpulan itu. [uh/ab]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG