Tautan-tautan Akses

Mantan Sekjen PBB Lancarkan Upaya Jadi Presiden Korsel


Mantan Sekjen PBB Ban Ki-moon memberikan sambutan setibanya di bandara internasional Incheon, Korea Selatan, 12 Januari 2017. (AP Photo/Lee Jin-man)

Mantan Sekjen PBB Ban Ki-moon disambut pendukungnya ketika tiba di bandara Incheon di dekat Seoul, pada Kamis (12/1) sore hari.

Mantan Sekjen PBB Ban Ki-moon tiba kembali di tanah airnya di Korea Selatan, Kamis (12/1), di tengah-tengah meningkatnya perkiraan bahwa ia akan mencalonkan diri sebagai presiden.

Ban disambut pendukungnya di bandara Incheon di dekat Seoul, ketika tiba pada sore hari. Ketika ditanya mengenai kemungkinan memasuki persaingan menjadi presiden, ia tidak menjanjikannya tetapi mengisyaratkan bahwa ia mengarah ke kemungkinan tersebut.

“Saya telah menyatakan bahwa saya siap melakukan apapun untuk negara dan tekad saya tetap, tidak berubah,” kata Ban kepada massa yang menyambutnya.

Ban sangat dihormati di Korea Selatan karena ia mewakili negaranya di panggung dunia selama dasawarsa terakhir ini. Ia disebut dalam buku-buku pelajaran SMA, dan biografinya, yang menceritakan pergulatan masa kecilnya di Korea yang dikoyak perang, hingga menjadi tokoh dunia yang bertanggungjawab memimpin PBB, termasuk buku laris.

Namun menjelang kepulangannya ini, Ban juga menghadapi pertanyaan mengenai adiknya, Ban Ki-sang, dan keponakannya, Joo Hyun-bahn, yang dituduh sebuah pengadilan federal di Manhattan pada Selasa lalu terlibat dalam skema penyuapan terhadap seorang pejabat Timur Tengah, terkait upaya penjualan sebuah kompleks bangunan bernilai 800 juta dolar di Vietnam. Ban membantah tahu atau terlibat dalam rencana itu. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG