Tautan-tautan Akses

Mantan PM Singh: India Perlu 3 Langkah untuk Pemulihan Ekonomi


Mantan PM India Manmohan Singh. (Foto: dok).

Mantan PM India Manmohan Singh mengatakan negara di Asia Selatan itu perlu mengambil tiga langkah “segera” agar ekonomi negara itu pulih dari dampak wabah virus corona dan membuat ekonomi kembali normal.

Dalam komunikasi melalui email baru-baru ini dengan BBC, Singh mengatakan yang pertama adalah pemerintah harus “memastikan mata pencaharian rakyat dilindungi dan mereka memiliki daya beli melalui bantuan tunai langsung yang signifikan.”

Kedua, pengusaha India memiliki modal yang memadai tersedia untuk mereka melalui “program jaminan kredit yang didukung pemerintah.” Langkah ketiga, ujar Singh, India harus memperbaiki sektor finansialnya melalui “proses dan otonomi kelembagaan.”

Penurunan ekonomi India sekarang ini disebabkan oleh wabah virus corona. “Penting sekali memandang hal ini dari sisi sentimen di dalam rakyat daripada sekadar angka dan metode ekonomi,” kata mantan perdana menteri itu.

Singh mengatakan meminjam uang mungkin perlu apabila pemerintah ingin memacu pemulihan ekonomi sepenuhnya.

Singh memimpin program reformasi besar-besaran bagi ekonomi India sewaktu ia menjabat menteri keuangan hampir 20 tahun silam.

India menerapkan PSBB nasional yang mendadak untuk menghentikan penyebaran virus. “Pengumuman yang tiba-tiba dan ketatnya PSBB itu tindakan yang tidak bijaksana dan tanpa pertimbangan,” kata Singh, seraya menyatakan bahwa Perang Dunia II saja tidak membuat seluruh dunia tutup.

Hanya dua negara lain yang memiliki kasus Covid-19 lebih banyak daripada India yang mencatat 2,2 juta kasus. Brazil memiliki lebih dari 3 juta kasus dan AS memiliki lebih dari 5 juta kasus. [uh/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG