Tautan-tautan Akses

Mantan Penasihat Keamanan Nasional, Brzezinski, Dimakamkan


FOTO ARSIP – Mantan Penasihat Keamanan Nasional AS, Zbigniew Brzezinski, tiba di Capitol Hill untuk bersaksi di hadapan Komite Hubungan Luar Negeri Senat di Washington, D.C., 1 Februari 2007 (foto: REUTERS/Jim Young/Foto Arsip)

Upacara pemakaman untuk mantan penasihan keamanan nasional era Presiden Jimmy Carter, Zbigniew Brzezinski, akan diselenggarakan hari Jum’at di Katedral Katolik St Matthew di Washington, D.C.

Sebuah upacara pemakaman untuk Zbigniew Brzezinski, penasihat keamanan nasional era Presiden Jimmy Carter dan seorang pakar kebijakan luar negeri yang terkemuka, akan diselenggarakan Jum’at di Katedral Katolik St Matthew di Washington DC.

Brzezinski meninggal pada 26 Mei di Virginia, pada usia 86 tahun.

Dalam sebuah pernyataan Jimmy Carter menyebut Brzezinski seorang pelayan publik yang luar biasa, cemerlang, berdedikasi dan setia. Bersama Henry Kissinger, Brzezinski menyusun kebijakan luar negeri Amerika yang berdampak besar, sementara juga berdinas sebagai penasihat untuk presiden Lyndon Johnson dan John Kennedy.

Salah satu pencapaiannya yang besar adalah ketika Presiden Carter berupaya mempertemukan Perdana Menteri Israel Menachem Begin dan Presiden Mesir Anwar Sadat, yang kemudian berhasil mencapai kesepakatan perdamaian Camp David antara ke dua negara.

Dia juga terlibat dalam berbagai keputusan kebijakan luar negeri lain semasa pemerintahan Carter, yakni merundingkan Persetujuan Panama Canal, mempersenjatai Mujahidin di Afghanistan yang bertempur melawan Uni Sovyet, serta merencanakan misi yang gagal untuk menyelamatkan 52 sandera Amerika di Iran. [jm]

XS
SM
MD
LG