Tautan-tautan Akses

Mantan Pemimpin Skotlandia Diadili Atas Kasus Kejahatan Seks


Mantan Pemimpin Skotlandia Alex Salmond setibanya di pengadilan Edinburgh, Skotlandia, 9 Maret 2020.

Mantan Pemimpin Skotlandia Alex Salmond, salah satu politisi paling terkenal Skotlandia, diadili, Senin (9/3), atas dakwaan telah melakukan sejumlah kejahatan seksual, termasuk percobaan perkosaan terhadap seorang perempuan di rumah kediaman resminya sewaktu masih menjabat.

Salmond (65 tahun), menghadapi total 14 dakwaan, satu percobaan perkosaan, 11 dugaan pelecehan seksual, dan dua dugaan tindakan tidak senonoh terhadap 10 perempuan antara 2008 dan 2014. Ia membantah semua tuduhan itu.

Salmond terlihat berdiri di antara sejumlah pertugas keamanan di Pengadilan Tinggi Edinburgh pada hari pertama persidangan yang kemungkinan akan berlangsung hingga empat pekan.

Salmond memimpin partai pro-independen selama 20 tahun dan memimpin pemerintahan semi-otonomi Skotlandia 2007 hingga 2014. Percobaan perkosaan diduga berlangsung pada Juni 2014 di Bute House, rumah kediaman resmi pemimpin Skotlandia di Edinburgh.

Sebagai tokoh besar dalam politik Skotlandia selama puluhan tahun, ia hampir membawa Skotlandia ke gerbang kemerdekaan dari Inggris. Ia adalah tokoh yang menggagaskan referendum pemisahan Skotlandia dari Inggris pada 2014. Ia mundur sebagai pemimpin setelah pihak-pihak yang ingin tetap bersatu dengan Inggris meraih kemenangan dalam ferendum itu dengan perbandingan suara 55 persen lawan 45 persen. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG