Tautan-tautan Akses

AS

Chelsea Manning Calonkan Diri sebagai Anggota Senat AS


Chelsea Manning (30 tahun) akan mencalonkan diri sebagai anggota Senat AS. Manning akan mencalonkan pada pemilihan pendahuluan Partai Demokrat di negara bagian Maryland.

Chelsea Manning, mantan analis intelijen Angkatan Darat yang dihukum karena membocorkan dokumen rahasia ke situs web anti-kerahasiaan WikiLeaks, hari Minggu (14/1) menegaskan mencalonkan diri untuk menjadi anggota Senat Amerika.

Tiga hari setelah mengajukan pencalonannya kepada Komisi Pemilihan Federal, Manning men-tweet "yup, kami mencalonkan diri untuk menjadi anggota Senat '' dengan tautan video kampanye yang menunjukkan niatnya untuk mencalonkan diri pada pemilihan pendahuluan Partai Demokrat di Maryland. Dia mengirim tweet berikutnya untuk meminta sumbangan bagi kampanyenya.

Manning yang berusia 30 tahun mengajukan pencalonannya kepada Komisi Pemilu Federal pada hari Kamis. Dia dikenal sebagai Bradley Manning ketika ditangkap di tahun 2010.

Manning menyatakan diri sebagai transgender setelah dijatuhi hukuman 35 tahun penjara. Presiden Barack Obama mengabulkan amnesti bagi Manning sebelum mengakhiri masa jabatannya tahun lalu. Manning mencalonkan diri sebagai kandidat Partai Demokrat dan kemungkinan akan menantang Senator yang sudah menjabat dua periode Ben Cardin pada pemilihan pendahuluan.

Cardin juga belum mengajukan pencalonannya. Namun laporan keuangan kampanye menunjukkan organisasinya sudah memiliki dana tunai hampir 2 juta dolar pada akhir September lalu.

Ketika Manning dibebaskan dari Fort Leavenworth, Kansas, pada bulan Mei, kepada AP dalam sebuah email Manning mengatakan ingin sekali menentukan masa depannya - tapi tidak menyebut politik.

Warga asli Oklahoma ini sebelumnya merencanakan untuk pindah ke Maryland, tempat tinggal bibinya. Menurut Dewan Pemilu Negara Bagian Maryland, Manning terdaftar sebagai pemilih dengan alamat apartemen di North Bethesda sejak pertengahan Agustus lalu.

Kepindahannya yang baru tidak akan mempengaruhi upaya pencalonannya dipilih menjadi anggota Senat. Untuk mencalonkan diri dipilih menduduki kursi Senatseseorang harus berusia minimal 30 tahun, sudah menjadi warga Amerika selama sembilan tahun dan menjadi penduduk negara bagian itu pada saat pemilihan, demikian menurut Dewan Pemilu Negara bagian Maryland. Vonis kejahatan tampaknya tidak menghalangi pencalonan.

Menurut situs dewan pemilu itu, Manning belum mengajukan pencalonannya untuk pemilihan pendahuluan itu kepada dewan pemilu negara bagian, yang harus dilakukannya secara pribadi pada tanggal 27 Februari. [my]

XS
SM
MD
LG