Tautan-tautan Akses

Mahkamah Kejahatan Internasional akan Dengarkan Kasus Banding Pembebasan Vojislav Seselj


Kantor Mahkamah Kejahatan Internasional (The International Criminal Court), Den Haag, Belanda.

Sebuah tim jaksa dijadwalkan akan memberi keterangan kepada para hakim PBB mengapa mereka yakin bahwa pencabutan dakwaan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan yang dikenakan terhadap ultra nasionalis Serbia Vojislab Seselj adalah keliru dan seharusnya dibatalkan.

Legislator Serbia Vojislav Seselj, yang dinyatakan tidak bersalah atas sembilan dakwaan terhadap dirinya di Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC) yang dibentuk untuk bekas negara Yugoslavia, telah bersumpah untuk tidak hadir di sidang hari Rabu itu di Den Haag.

Saat pengadilan berlangsung, para jaksa penuntut menuduhnya melakukan berbagai kejahatan termasuk penindasan, pembunuhan dan penyiksaan. Mereka menuntut hukuman 28 tahun penjara untuk Seselj karena mendukung pasukan paramiliter Serbia selama perang berdarah di kawasan itu pada awal 1990-an.

Namun para hakim kemudian membebaskannya lewat keputusan mayoritas yang kontroversial dengn alasan tidak ada cukup bukti. Salah satu dari tiga hakim tersebut menentang dengan alasan pembebasan dakwaan terhadap Seselj mengabaikan hukum internasional dan yurisprudensi mahkamah itu. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG