Tautan-tautan Akses

AS

Ledakan Gas di Baltimore, Sedikitnya 1 Tewas, 6 Luka


Para petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Baltimore mengevakuasi korban dari reruntuhan bangunan setelah ledakan gas di Baltimore, Maryland, Senin, 10 Agustus 2020.

Satuan pemadam kebakaran dan media lokal, Senin (10/8), mengatakan sedikitnya satu orang tewas dan enam lainnya luka-luka dalam ledakan gas yang menghancurkan tiga rumah di Baltimore.

“Kami memantau dengan seksama situasi di bagian barat daya Baltimore pasca ledakan mengerikan tadi pagi,” cuit Gubernur Maryland Larry Hogan di Twitter. Ditambahkannya,

“Kami telah menawarkan dukungan penuh pada upaya tanggapan dan pemulihan yang dilakukan, dan sangat bersyukur dengan dukungan berkelanjutan dan upaya pemulihan, serta keberadaan para petugas di lokasi," imbuh Hogan.

Kepala Satuan Pemadam Kebakaran Baltimore Roman Clark mengatakan pada surat kabar Baltimore Sun, ledakan terjadi beberapa saat sebelum pukul 10.00 pagi. Enam orang dilarikan ke rumah sakit dalam kondisi serius. Seorang perempuan dinyatakan tewas di tempat kejadian.

Sekitar 200 petugas pemadam kebakaran dari tiga satuan tiba di lokasi tak lama setelah ledakan – yang digambarkan sebagai “insiden utama skala tiga” - terjadi.

Dinas Pemadam Kebakaran Maryland mengatakan tim penjinak bom juga ada di lokasi itu.

Departemen Pemadam Kebakaran Baltimore mengatakan masih menyelidiki penyebab ledakan itu, tetapi Perusahaan Gas dan Listrik Baltimore (BGE) mengatakan para petugasnya sedang berusaha memadamkan gas di gedung-gedung sekitar lokasi ledakan itu.

“Begitu aliran gas ini dapat dihentikan, kita dapat mulai mengevaluasi situasi dengan aman, termasuk memeriksa peralatan BGE,” demikian petikan pernyataan BGE.

The Baltimore Sun melaporkan ledakan gas menjadi hal yang kian umum terjadi di Maryland. Satu ledakan gas pada Agustus 2019 lalu menghancurkan sebagian pusat perbelanjaan di Columbia, Maryland.

BGE, yang berdiri sejak t1816, adalah perusahaan gas tertua di Amerika. Menurut laporan BGE pada pemerintah federal, rata-rata hampir dua puluh kebocoran gas ditemukan setiap hari. [em/pp]

XS
SM
MD
LG