Tautan-tautan Akses

Ledakan di Jalalabad, Sedikitnya 2 Tewas


Ledakan bom bunuh diri di Jalalabad, Afghanistan. (Foto: dok).
Ledakan bom bunuh diri di Jalalabad, Afghanistan. (Foto: dok).

Sedikitnya dua orang tewas dan empat lainnya luka-luka dalam sebuah ledakan bom bunuh diri di dekat kantor urusan pemilu di timur laut kota Jalalabad, demikian pernyataan sejumlah pejabat Afghanistan, Sabtu (25/8).

Pejabat-pejabat itu mengatakan ledakan terjadi ketika penyerang mendekati puluhan demonstran di dekat kantor Komisi Pemilu. Para demonstran itu memprotes diskualifikasi seorang kandidat yang diduga memiliki kaitan dengan kelompok-kelompok militan, dalam pemilu mendatang.

Direktur urusan kesehatan di propinsi itu Najib Kamawal dan juru bicara gubernur propinsi Nangarhar Attahullah Khogyani, memastikan bahwa sedikitnya dua orang tewas. Khogyani mengatakan “kami telah meminta para demonstran untuk menghentikan aksi protes karena mereka dapat saja menjadi sasaran militan, tetapi mereka menolak pesan keamanan kami itu.” Lebih jauh Khogyani mengatakan kepada Associated Press bahwa jumlah korban tampaknya akan meningkat.

Belum ada kelompok yang mengklaim bertanggungjawab terhadap serangan hari Sabtu itu, tetapi kelompok yang berafiliasi dengan ISIS dan Taliban aktif di kawasan timur laut Afghanistan.

Taliban telah mengingatkan warga Afghanistan untuk tidak mengikuti pemilu parlemen dan pemilu lokal yang dijadwalkan berlangsung Oktober ini.

Menurut kantor berita Reuters puluhan orang telah tewas dalam serangan-serangan di pusat pendaftaran pemilu. (em)

XS
SM
MD
LG