Tautan-tautan Akses

Ledakan Besar Guncang Stockholm, Senin Jelang Fajar


Polisi memeriksa lokasi ledakan menjelang fajar di pusat kota Stockholm, Swedia. 13 Januari 2020.

Ledakan menjelang fajar mengguncang Stockholm pusat Senin (13/1), menyebabkan kerusakan pada bangunan dan mobil-mobil yang diparkir tetapi tidak menimbulkan korban. Polisi Swedia mengatakan bahan peledak digunakan, tetapi mengesampingkan terorisme.

Ledakan itu terjadi di luar pintu masuk sebuah gedung yang menampung sebuah bisnis dan beberapa apartemen dan menyebabkan pengosongan puluhan apartemen. Ledakan tersebut bisa terdengar beberapa kilometer jauhnya.

Kepala polisi Stockholm Erik Widstrand mengatakan ledakan itu merupakan “salah satu yang paling kuat yang pernah terjadi di wilayah ini.” Dia menambahkan bahwa tidak ada kecurigaan akan adaknya aksi teror dan sejauh ini belum ada yang ditangkap.

Swedia dalam beberapa tahun terakhir mengalami ledakan dan penembakan terkait kelompok-kelompok geng yang berseteru, dan kejadian hari Senin (13/1) ini bisa dikaitkan dengan hal itu.

Widstrand mengatakan bagian forensik sedang menyelidiki jenis bahan peledak yang digunakan. Sebagian warga mengatakan kepada media Swedia bahwa mereka dibangunkan oleh ledakan yang sangat keras. [lt/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG