Tautan-tautan Akses

Laporan Intelijen Bocor, Media Laporkan Rencana Pembunuhan Ketua Uni Afrika


Ketua Komisi Uni Afrika, Nkosazana Dlamini-Zuma (Foto: dok).
Ketua Komisi Uni Afrika, Nkosazana Dlamini-Zuma (Foto: dok).

Serangkaian laporan intelijen membentangkan sebuah persekongkolan untuk membunuh Dlamini-Zuma di Addis Ababa, segera setelah ia memulai jabatan sebagai ketua Uni Afrika perempuan yang pertama.

Organisasi Uni Afrika mengatakan hari Kamis (26/2), mereka tahu ada laporan intelijen Afrika Selatan yang bocor tentang persekongkolan untuk membunuh Ketua Komisi Uni Afrika Nkosazana Dlamini-Zuma pada tahun 2012.

Laporan itu bagian dari seberkas berita kawat yang dibocorkan ke kantor berita Al Jazeera dan surat kabar The Guardian. Masing-masing organisasi berita itu mulai menerbitkan sejumlah dokumen pekan ini.

Serangkaian laporan intelijen membentangkan sebuah persekongkolan untuk membunuh Dlamini-Zuma di Addis Ababa segera setelah ia memulai jabatan sebagai ketua Uni Afrika perempuan yang pertama.

Dikatakan, keamanan Dlamini-Zuma ditingkatkan setelah ada permintaan berdasarkan laporan bahwa "ia terancam." Dikabarkan pula bahwa intelijen Afrika Selatan menerima peringatan bahwa tim pembunuh telah tiba di Addis Ababa tiga hari sebelum Dlamini-Zuma memegang jabatannya dengan target tanggal untuk bertindak 12 hari kemudian, tetapi "tugas dapat dilaksanakan sewaktu-waktu."

Tidak ada indikasi jelas usaha pembunuhan itu dilaksanakan. Menteri Keamanan Afrika Selatan, David Mahlobo, mengutuk pembocoran intelijen itu hari Rabu, menekankan pembeberan tersebut merongrong upaya pengamanan.

Recommended

XS
SM
MD
LG