Tautan-tautan Akses

Kota Warisan Dunia Kenya Khawatirkan Pembangunan


Kapal tradisional Kenya berlayar dekat Pulau Lamu, Kenya, 8 November 2017. Lamu adalah Situs Warisan Dunia PBB. (Foto: Reuters)

Pulau Lamu yang terpencil di Kenya ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia oleh badan PBB UNESCO. Menurut aktivis, pulau itu kini tengah terancam. Pihak berwenang sedang membangun proyek-proyek besar di sana. Meskipun infrastruktur tentunya akan meningkatkan ekonomi lokal, sebagian penduduk Lamu khawatir pembangunan dan banjir turis akan merusak budaya dan arsitektur lokal, yang menurut sebagian orang sudah rusak.

Keterpencilan Pulau Lamu di Kenya telah membantu melestarikan budaya dan tradisi Swahili yang berusia 650 tahun.

Mobil dilarang di Kota Lamu. Jadi, keledai menjadi moda transportasi utama.

Tetapi sebagian penduduk setempat khawatir pembangunan pelabuhan baru, pipa minyak, dan jalur transportasi di daratan akan mendatangkan lebih banyak orang luar untuk menetap di Lamu dan mengubah budayanya yang unik.

"Kami melakukan yang terbaik untuk mencegah intervensi semacam itu dan pembangunan baru supaya bisa melestarikan Lamu," kata Abu Bakr Badawi dari Masjid Riyadha.

Pihak berwenang mengatakan proyek-proyek bernilai 26 miliar dolar itu akan meningkatkan hubungan ekonomi antara Kenya, Sudan Selatan, dan Ethiopia dan menciptakan ribuan lapangan pekerjaan.

Tetapi pengadilan Kenya Juni lalu menghentikan pembangunan pembangkit listrik tenaga batu bara yang akan membantu membiayai proyek-proyek itu, menuai pertentangan.

Raya Famau Ahmed adalah aktivis yang menentang pembangkit listrik Batubara.

"Kami sebagai orang Lamu khawatir karena orang luar datang dengan membawa banyak hal. Bahasa mereka sendiri, budaya mereka sendiri, cara hidup mereka sendiri. Dan itu mungkin mengubah cara budaya orang hidup selama ini," katanya.

Nelayan yang khawatir tangkapan mereka akan terimbas, menentang pembangunan pelabuhan.

Aktivis khawatir proyek-proyek itu juga akan menggagalkan upaya untuk melestarikan Kota Lamu dan karakternya yang unik. Pihak berwenang Lamu bertekad akan melindungi warisan dunia pulau itu dari proyek-proyek tersebut.

Sebuah pembangkit listrik tenaga batubara Uniper dan kilang minyak BP dan pabrik kimia sedang bekerja di Gelsenkirchen, Jerman, pada Rabu malam, 4 Desember 2019. (Foto: AP)
Sebuah pembangkit listrik tenaga batubara Uniper dan kilang minyak BP dan pabrik kimia sedang bekerja di Gelsenkirchen, Jerman, pada Rabu malam, 4 Desember 2019. (Foto: AP)

"Kami juga telah melakukan langkah-langkah untuk memastikan bahwa kegiatan LAPSSET akan tetap dilakukan di daratan Lamu. Itu adalah daerah Hindi, Mokowe dan sejenisnya dan kepulauan Lamu, yang merupakan Pulau Lamu mulai dari Shela sampai ke Kipungani, bisa mempertahankan status mereka sebagai warisan budaya," kata Fahima Araphat dari Pemerintah Kabupaten Lamu.

Pihak berwenang Lamu menyiapkan dana untuk membantu merenovasi bangunan-bangunan bersejarah dan mengembangkan ekonomi dengan pariwisata sebagai pilar utama.

Dengan risiko mengomersilkan budaya, sebagian orang berpendapat, mendatangkan lebih banyak wisatawan sebenarnya bisa membantu menjaga tradisi unik Lamu tetap hidup. [ka/jm]

XS
SM
MD
LG