Tautan-tautan Akses

Kota Perth Rencanakan Daur Ulang Air untuk Atasi Perubahan Iklim di Australia


Kota Perth Rencanakan Daur Ulang Air untuk Atasi Perubahan Iklim di Australia
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:02 0:00

Sementara kota-kota di New South Wales dan Queensland semakin kehabisan air, pemerintah federal dan negara bagian di Australia berusaha untuk mencari jalan guna menjamin pasokan air di masa depan.

CR: 28679028 Australia Water
HEAD: Recycled Water Part of Perth’s Plan to Beat Climate Change In Australia
PENDAURAN ULANG AIR MERUPAKAN BAGIAN DARI RENCANA PERTH UNTUK MEMERANGI PERUBAHAN IKLIM DI AUSTRALIA

INTRO:
Sementara kota-kota di New South Wales dan Queensland semakin kehabisan air, pemerintah federal dan negara bagian di Australia berusaha untuk mencari jalan guna menjamin pasokan air di masa depan. Tetapi di sisi lainnya dari benua itu, kota Perth sangat maju dalam efisiensi penggunaan air menyusul penurunan curah hujan jangka panjang disana. Sebagian dari rencana itu bergantung pada air yang di daur ulang dari toilet, sebuah langkah yang oleh banyak konsumen air tidak bisa diterima. Laporan Phil Mercer dibawakan oleh Jimmy.
TEKS:
Sejak 2017, penduduk Perth di Australia Barat telah minum air yang di daur ulang dari comberan. Air ini disaring menggunakan sebuah proses yang disebut osmosis-balik, yang mirip dengan mengalirkan air itu lewat sebuah sepon raksasa. Kemudian air ini di-dis-infeksi dengan sinar ultra-violet di sebuah fasilitas pengolahan, dipompa ke akuifer alamiah, dan diekstraksi.
Kota Pertha berpenduduk dua juta, dan Clare Lugar dari PAM Australia Barat mengatakan, ini perlu akibat perubahan iklim.
(( LUGAR ACTUALITY ))
“Kita tahu bahwa dari pertengahan 70 an curah hujan Perth turun sekitar 20 persen, dan ini berdampak besar pada sumber air kami.”
Kata Lugar, meyakinkan penduduk akan manfaat air comberan yang di daur ulang butuh waktu.
(( LUGAR ACTUALITY ))
“Jadi ini hanya persentase kecil dari air yang sampai ke fasilitas pengolahan kami berasal dari toilet kami. Tetapi untuk mengatasi persepsi, bayangan Anda minum air yang Anda pakai untuk membersihkan kamar kecil, itu merupakan tantangan besar pada awalnya.”
Dua pengolahan desalinasasi memasok sekitar setengah dari kebutuhan air kota Perth. Ian Wright adalah pakar ilmu lingkungan di Western Sydney University, dan dia berpendapat, bagian-bagian lainnya dari Australia harus merangkul usaha pendauran ulang ini.
(( WRIGHT ACTUALITY ))
“Di Sydney itu mungkin sekitar 150 liter air comberan per hari per orang yang seluruhnya dibuang, dan kami punya fasilitas desalinasi di pantai, tetapi Canberra tidak punya, juga kota-kota yang dilanda kemarau seperti Tamworth, Dubbo, dan Broken Hill, mereka benar-benar bisa meraih manfaat dari upaya ini.”
Australia merupakan benua paling kering di dunia. Air sangat berharga, dan dibanyak tempat jarang didapat. Lebih dari 95 persen dari New South Wales, negara bagian Australia yang paling padat, secara resmi menderita kemarau, dan ramalan tiga bulan kedepan akan lebih kering dari rata-rata. (JM/AL)
XS
SM
MD
LG