Tautan-tautan Akses

Konsesi Perdagangan 'Fase Satu' Mungkin yang Bisa Disepakati AS-China


Delegasi perdagangan China (kiri) melakukan pembicaraan dengan perwakilan perdagangan AS di Washington DC (foto: dok).

Apakah China dan Amerika semakin dekat kepada perjanjian perdagangan luas setelah dua setengah tahun lebih mengadakan pembicaraan?

Para pemimpin di kedua belah pihak secara berkala menyatakan optimis mencapai kesepakatan, meskipun biasanya hanya ada sedikit rincian.

Tidak terkecuali hari Jumat (1/11) ketika perwakilan perdagangan A.S. mengeluarkan pernyataan yang mengatakan perunding dalam putaran terakhir "membuat kemajuan di berbagai bidang dan sedang dalam proses menyelesaikan masalah yang belum terselesaikan."

Presiden Trump dan Presiden China Xi Jinping diharapkan menandatangani perjanjian pendahuluan, yang disebut "Fase Satu," selama KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik, yang semula dijadwalkan pada 16 dan 17 November di Chili. Namun, presiden Chili Sebastian Pinera pada hari Rabu mencampakkan rencana itu dalam kekacauan ketika membatalkan pertemuan puncak itu terkait kerusuhan sipil yang meluas di negaranya.

Dalam tweet Kamis, Trump menulis, "Lokasi baru akan segera diumumkan. Presiden Xi dan Presiden Trump akan melakukan penandatanganan!" Presiden Trump di Twitter juga mengatakan perjanjian Fase Satu yang sedang dirundingkan akan mencakup "sekitar 60% dari total kesepakatan," meskipun tidak jelas bagaimana persentase itu dihitung. (my/pp)

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG