Tautan-tautan Akses

Ketua Partai Oposisi Kamboja Meletakkan Jabatan


ARSIP – Sam Rainsy, Ketua Partai Penyelamatan Nasional Kamboja (CNRP) berbicara kepada media setelah pertemuan di Dewan Nasional. Phnom Penh tengah, Kamboja.

Pengumuman rencana pembuatan UU yang dapat berakibat pada pembubaran partai oposisi oleh PM Kamboja telah mendorong peletakan jabatan Sam Rainsy, ketua partai oposisi Kamboja.

Ketua partai oposisi Kamboja telah mengumumkan peletakan jabatannya dari partai itu setelah perdana menteri yang sudah lama berkuasa di negara itu mengumumkan rencana membuat undang-undang yang dapat mengakibatkan pembubaran partainya.

Sam Rainsy mengumumkan peletakan jabatannya hari Sabtu dalam surat kepada partainya Partai Penyelamatan Nasional Kamboja.

Tindakannya diambil setelah Perdana Menteri Hun Sen sebelumnya bulan ini berjanji akan mengamandemen undang-undang partai politik, antara lain, untuk melarang terpidana memegang jabatan pimpinan.

Sam Rainsy telah mengasingkan diri untuk menghindarkan hukuman penjara atas tuduhan pencemaran nama baik. Ia telah menjadi sasaran beberapa gugatan hukum oleh Hun Sen dan Partai Rakyat Kamboja yang berkuasa.

Oposisi mengatakan gugatan hukum itu tidak berdasar, dan hanya siasat hukum dalam usaha untuk melumpuhkan mereka. Kamboja akan mengadakan pilkada bulan Juni. [gp]

XS
SM
MD
LG