Tautan-tautan Akses

Kementerian Pertahanan: 4 Tentara Tunisia Tewas dalam Ledakan Ranjau Darat


Anggota Pengawal Nasional Tunisia duduk di atas kendaraan lapis baja mereka di tengah bentrokan dengan demonstran menyusul protes di lingkungan Ettadhamen, ibu kota Tunis, 17 Januari 2021. (Foto: dok). Empat tentara dilaporkan tewas akibat ranjau darat (3/2).

Ledakan ranjau darat menewaskan empat tentara Tunisia, Rabu (3/2) dalam operasi kontra-terorisme di pegunungan Tunisia tengah, menurut kementerian pertahanan.

"Empat tentara tewas oleh ranjau saat bertugas dalam satu unit militer yang melakukan operasi penyisiran di Gunung Mghila ketika memburu teroris," kata Juru Bicara Kementerian Mohamed Zekri kepada kantor berita AFP.

Operasi penyisiran itu merupakan "bagian dari operasi antiteroris yang regular dilakukan oleh pasukan militer di wilayah tersebut," Zekri menambahkan.

Tunisia mengalami lonjakan terkait Islam radikal sejak presiden Zine El Abidine Ben Ali digulingkan dalam revolusi tahun 2011. Puluhan anggota pasukan keamanan terbunuh sejak tahun 2011 dalam beberapa serangan jihadis.

Serangan tunggal yang paling banyak menelan korban tentara terjadi pada Juli 2014, ketika 15 tentara tewas di Gunung Chaambi.

Situasi keamanan jauh lebih baik dalam beberapa tahun terakhir, namun pasukan Tunisia terus menjadi sasaran. [mg/ka]

Recommended

XS
SM
MD
LG