Tautan-tautan Akses

Kelompok Separatis Muslim Diduga Terlibat dalam Aksi Kekerasan di Thailand Selatan


Para petugas berjaga di salah satu pos pos pemeriksaan tempat kendaraan militer Thailand di distrik Cha nea, provinsi Narathiwat, Thailand selatan, 27 April 2017. (Foto: dok).

Empat orang luka-luka di bagian selatan Thailand akibat salah satu dari beberapa bom yang diduga ditanam oleh jaringan kelompok separatis Muslim di sana.

Pejabat-pejabat keamanan di propinsi Narathiwat, Jumat malam (28/12) mengatakan baku tembak juga terjadi diantara petugas keamanan dan tersangka pemberontak yang menyerang pos pertahanan di sebuah desa kecil di pedalaman. Bom itu terutama menarget tiang-tiang listrik dan menimbulkan pemadaman listrik di satu desa.

Propinsi Songkhla juga mengalami upaya serangan kecil serupa pada hari Rabu (26/12) dan Kamis (27/12), termasuk ledakan di dua patung terkenal di kawasan pantai yang ramai, tetapi tidak menimbulkan korban jiwa.

Sejak tahun 2004 bagian selatan Thailand kerap diguncang serangan oleh kelompok separatis, yang sejauh ini telah menewaskan sekitar tujuh ribu orang. [em]

Recommended

XS
SM
MD
LG