Tautan-tautan Akses

Kekerasan Suku di Papua Nugini, Lebih dari 20 Orang Tewas 


Peta Papua Nugini
Peta Papua Nugini

Lebih dari 20 orang termasuk beberapa perempuan hamil dan anak-anak tewas dalam kekerasan suku, belum lama ini di Papua Nugini, menurut media hari Rabu (10/7).

Jumlah korban tewas dan tanggal kejadian di provinsi dataran tinggi Hela yang terpencil itu bervariasi dalam laporan oleh Australian Broadcasting Corp (ABC) dan surat kabar Post-Courier.

Gubernur Hela, Philip Undialu mengatakan kepada ABC, kekerasan terakhir terjadi pada Senin (8/7), ketika 16 orang termasuk wanita dan anak-anak terbunuh di desa Karida.

Pembunuhan itu mungkin sebagai pembalasan atas serangan sebelumnya yang menewaskan sekitar tujuh orang, kata Gubernur Undialu.

"Kekerasan ini kemudian meningkat menjadi pembantaian perempuan dan anak-anak yang tidak bersalah," ujar Undialu.

Harian Post-Courier, yang berkantor di ibu kota negara Pasifik Selatan, Port Moresby melaporkan, sebanyak 24 orang tewas di desa-desa Karida dan Peta sejak Sabtu (6/7).

Enam orang telah disergap dan dibunuh di dekat Peta pada Sabtu, kata Kepala Polisi Hela, Inspektur Teddy Augwi kepada surat kabar itu.

Keesokan harinya, kerabat korban membalas dengan senapan, dan menewaskan sekitar 16 sampai 18 orang di Karida, termasuk beberapa wanita hamil, katanya.

"Ini bukan pertarungan suku di mana penduduk desa saling berhadapan di lapangan," kata Augwi kepada surat kabar itu.

Banyak penduduk desa yang melarikan diri dari kekerasan, kata pejabat pemerintah Hela, William Bando. [ps/pp]

Recommended

XS
SM
MD
LG