Tautan-tautan Akses

Kebakaran pada Pesta di California Diperkirakan Tewaskan 40 Orang


Kebakaran di Oakland, California
Kebakaran di Oakland, California

Sebuah gudang di Oakland, California, yang telah diubah menjadi studio-studio seni, terbakar Jumat malam (2/12). Gudang itu ternyata tidak memiliki izin untuk digunakan sebagai tempat hunian, maupun untuk tempat hiburan.

Sedikitnya sembilan orang tewas dalam bangunan yang disebut The Ghost Ship itu, di mana sebuah pesta dansa musik elektronik larut malam sedang berlangsung ketika kebakaran terjadi. Para pejabat mengatakan satu-satunya jalan turun dari lantai dua adalah melalui tangga yang seluruhnya terbuat dari kayu.

Menurut para pejabat, jumlah korban tewas hari Sabtu itu mungkin mencapai 40 orang dan banyak di antara korban adalah orang-orang muda, berusia 20-an dan 30-an tahun.

Kepala Pemadam Kebakaran Oakland Teresa Deloche-Reed mengatakan sedikitnya 25 orang belum diketahui nasibnya. Menurut pihak berwenang, ini adalah kebakaran gedung paling banyak menewaskan korban di kota itu.

Para pejabat belum mengetahui bagaimana api berkobar di bangunan yang sangat semrawut dan tidak diperlengkapi alat pemadam kebakaran.

Para penyelidik kebakaran juga dikerahkan ke lokasi kejadian.

Juru bicara Kantor Sherrif Alameda County, Sersan Ray Kelly mengatakan, kemungkinannya adalah pengunjung berhasil keluar atau terperangkap di dalam bangunan itu. Perlu waktu sekitar empat jam bagi 55 petugas pemadam untuk mengendalikan kebakaran, kata kepala battalion Lisa Baker kepada surat kabar setempat, the East Bay Times.

Deloche-Reed mengatakan pihak berwenang belum memeriksa seluruh bangunan yang katanya sangat besar itu. Atap bangunan ambruk sehingga menyulitkan upaya pencarian. [uh]

XS
SM
MD
LG