Tautan-tautan Akses

Kebakaran di Perancis, 22 Terluka, 2.700 Dievakuasi


Asap hitam mengepul akibat kebakaran hutan di kawasan Sausset-les-Pins, dekat Marseille, Perancis, 4 Agustus 2020. (Photo by CHRISTOPHE SIMON / AFP)

Kebakaran melanda kawasan Marseille, Perancis. Kebakaran itu mengakibatkan sedikitnya 22 orang terluka, menghancurkan sejumlah bisnis dan memaksa evakuasi sekitar 2.700 turis, penghuni panti jompo dan lain-lain.

Belum jelas bagaimana asal muasal kebakaran itu. Pihak berwenang hanya mengatakan, kebakaran itu berawal di hutan dan menjalar ke arah laut sepanjang delapan kilometer akibat hembusan angin kencang.

Sejumlah kawasan permukiman dan perkemahan ikut terpercik api yang dibawa angin itu. Tim pemadam kebakaran dan tim SAR dikerahkan untuk menyelamatkan orang-orang yang sedang berkemah, lewat darat dan udara.

Sekitar 1.800 petugas pemadam kebakaran, didukung sejumlah pesawat kecil dan helikopter, berusaha memadamkan kebakaran yang mulai terjadi Selasa malam (4/8), dan berlanjut hingga Rabu (5/8).

Tiga pesawat pemadam kebakaran terbang melewati kepulan asap, saat kebakaran hutan di La Couronne, dekat Marseille, Perancis, 4 Agustus 2020. (Foto: dok).
Tiga pesawat pemadam kebakaran terbang melewati kepulan asap, saat kebakaran hutan di La Couronne, dekat Marseille, Perancis, 4 Agustus 2020. (Foto: dok).


Kota Martigues di Marseille merupakan yang paling parah dilalap api. Delapan warga sipil dan 14 petugas pemadam kebakaran mengalami cedera ringan akibat kebakaran di kota itu. Kebakaran yang melanda empat kota kecil lainnya Port-de-Bouc, Aubagne-Carnoux, Gignac-la-Nerthe dan Fontvieille, dengan mudah berhasil dikendalikan.

Mengingat angin kencang terus bertiup hingga Rabu, serta cuaca yang panas dan kering, pihak berwenang melarang aktivitas yang melibatkan api di tempat terbuka hingga kebakaran besar berhasil dipadamkan.

Menteri Dalam Negeri Gerard Darmanin bergegas ke lokasi kebakaran Selasa malam. Tim-tim pemadam kebakaran dari luar kawasan Marseille ikut dikerahkan untuk mengendalikan amukan si jago merah. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG