Tautan-tautan Akses

Kawanan Bersenjata Tewaskan 3 Warga Sipil di Papua


Provinsi Papua (Courtesy: Google Map).
Provinsi Papua (Courtesy: Google Map).

Orang-orang bersenjata menewaskan 3 orang hari Senin (25/6) di bandara provinsi paling timur Indonesia, Papua, dalam serangan terhadap sebuah pesawat kecil yang mengangkut anggota Brimob, menurut sumber militer.

Kolonel Muhammad Aidi, juru bicara Kodam di provinsi Papua, mengatakan tiga orang sipil tewas dan dua orang, termasuk pilot, luka-luka dalam serangan itu, yang terjadi setelah pesawat mendarat di bandara Kenyam, kabupaten Nduga yang terpencil.

Kaum sipil yang tewas adalah pedagang yang berasal dari provinsi Sulawesi Selatan, termasuk satu pasangan suami-istri, yang ditembak dan ditikam ketika penyerang melarikan diri dari bandara, kata Aidi.

Pemberontakan pro-kemerdekaan telah membara di daerah Papua yang pernah dikuasai Belanda itu sejak daerah tersebut bergabung dengan Indonesia tahun 1963.

Aidi mengatakan pesawat Twin Otter yang dicharter itu sedang mengangkut anggota Brimob dari kota dataran tinggi Wamena ke Nduga untuk mengamankan pilkada hari Rabu (27/6).

Ia mengatakan penyerang adalah anggota Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata yang sebelumnya menembak mati seorang pekerja di proyek jalan-raya Trans-Papua. Polisi dan militer Indonesia sering menuduh kriminal bukan pemberontak sebagai pelaku serangan. [gp]

Recommended

XS
SM
MD
LG