Tautan-tautan Akses

AS

Katup Darurat Terkikis, Warga Dekat Bendungan California Diperintahkan Mengungsi


Air keluar dari Bendungan Oroville di Oroville, California (9/2). (AP/Rich Pedroncelli)

Jika katup darurat bendungan Oroville di bagian utara California itu gagal berfungsi, maka dalam waktu satu jam akan membuat arus air dari Danau Oroville tak terkendali.

Pejabat-pejabat berwenang memerintahkan warga di dekat salah satu bendungan terbesar di Amerika Serikat untuk segera mengungsi, dengan mengatakan “ada perkembangan situasi yang berbahaya” setelah sebuah katup darurat terkikis dalam kondisi sangat buruk.

Departemen Sumber Daya Air California Minggu siang (12/2) mengatakan jika katup darurat bendungan Oroville di bagian utara California itu gagal berfungsi, maka dalam waktu satu jam akan membuat arus air dari Danau Oroville tak terkendali.

Warga di bagian hilir harus meninggalkan kawasan itu segera, tegas departemen tersebut.

Minggu pagi beberapa pejabat menekankan bahwa struktur bendungan itu tetap baik dan tidak menimbulkan ancaman pada masyarakat.

Kantor Sheriff Butte County mengatakan warga kota Oroville yang berjumlah sekitar 16 ribu orang harus menuju ke bagian utara kota Chico, dan kota-kota lain seharusnya mengikuti perintah badan-badan penegak hukum setempat.

Layanan Darurat di Yuba County juga telah meminta warga di lembah itu – termasuk di kota Marysville yang berpenduduk 12 ribu jiwa – untuk mengungsi dan mengambil rute ke arah timur, selatan atau barat, menghindari jalur ke utara yang menuju ke Oroville.

Departemen Sumber Daya Air California mengatakan pihaknya akan membuka katup yang rusak parah itu dan mengeluarkan sekitar 2.831,6 meter kubik per detik dari bendungan utama, sehingga bisa mengeringkan Danau Oroville. [em]

XS
SM
MD
LG