Tautan-tautan Akses

Kapal Kargo Belanda yang Hanyut di Norwegia Berhasil Diamankan


Kapal Kargo Belanda "Eemslift Hendrika" terombang-ambing di Laut Norwegia karena kerusakan mesin, Selasa (6/4).

Penjaga pantai Norwegia dan tim SAR Belanda hari Kamis (8/4) mengatakan bahwa mereka telah mengamankan sebuah kapal kargo Belanda yang telah hanyut di lepas pantai Norwegia selama tiga hari dan kini kapal itu sedang ditarik dengan kapal tunda ke pelabuhan.

Penjaga pantai Norwegia, Senin, menggunakan helikopter untuk menyelamatkan 12 awak kapal dari "Eemslift Hendrika", yang kehilangan tenaga karena mesinnya mati dan terancam terbalik dan tenggelam di perairan yang ganas di Laut Norwegia.

Dalam sebuah pernyataan di situs webnya, Badan Pengawas Pesisir Norwegia (NCA) mengatakan pada Rabu, pihaknya yakin kapal itu tidak dalam bahaya akan kandas sehingga mereka menunggu hingga Kamis untuk berusaha mengamankannya.

Namun NCA mengatakan kondisi laut berubah Rabu malam, meningkatkan bahaya kapal itu bisa terdorong ke arah daratan dan kandas sehingga meningkatkan risiko terjadinya tumpahan bahan bakar. Para pejabat melancarkan operasi penyelamatan, menggunakan dua kapal tunda dan menggunakan helikopter untuk mengangkut para anggota kru penyelamat Belanda dan penyelamat dari pasukan penjaga pantai Norwegia ke kapal naas itu.

Kapal berlisensi Belanda itu mengangkut yacht (kapal pesiar) kecil dan perahu layar. Salah satu pesiar terlepas dari kapal kargo pada hari Rabu tetapi kemudian diamankan oleh penjaga pantai Norwegia. [lt/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG