Tautan-tautan Akses

AS

Kandidat Anggota Kongres AS yang Serang Wartawan Meminta Maaf


Kandidat anggota Kongres partai Republik dari Montana, Greg Gianforte bertemu dengan para pendukungnya di sebuah ballroom hotel di Bozeman, Montana, pasca pengumuman kemenangannya, 25 Mei 2017. (AP Photo/Bobby Caina Calvan).

Kandidat partai Republik dari Montana untuk menjadi anggota Kongres yang dikenai dakwaan melakukan penyerangan, meminta maaf atas tindakannya itu setelah ia mengalahkan pesaingnya dari partai Demokrat. Greg Gianforte dituduh memegang leher seorang wartawan dengan kasar dan mendorongnya ke lantai.

Multi-jutawan itu mengaku melakukan kesalahan, melakukan tindakan yang tidak seharusnya ia lakukan, dan karena itu ia meminta maaf.

Kurang dari 24 jam setelah insiden itu, Gianforte unggul tipis atas penyanyi dan penyair Rob Quist, dan melanjutkan kekuasaan Partai Republik selama 20 tahun di satu-satunya kursi negara bagian itu di DPR Amerika.

Hari Rabu, wartawan Ben Jacobs dari surat kabar berbasis di Inggris The Guardian mengeluarkan cuitan bahwa Gianforte mendorongnya dengan kasar dan memecahkan kacamatanya di markas besar kampanye Gianforte di kota Bozeman, hanya beberapa jam sebelum pemilihan khusus di Montana, di mana kandidat tersebut diunggulkan. Mayoritas penduduk negara bagian ini adalah pendukung partai Republik.

Sekitar sepertiga pemilih Montana telah memberikan suara mereka sewaktu insiden itu terjadi.

Pemilihan khusus itu diadakan untuk menggantikan Ryan Zinke, anggota partai Republik yang mengundurkan diri awal tahun ini untuk menjadi menteri dalam negeri dalam pemerintahan Presiden Trump. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG