Tautan-tautan Akses

John Hume, Politisi Irlandia Utara dan Peraih Nobel, Meninggal Dunia


Politisi Irlandia dan pemenang Hadiah Nobel Perdamaian John Hume dalam konferensi pers di Belfast, 4 Februari 2004. (Foto: dok).

Politisi Irlandia dan pemenang Hadiah Nobel Perdamaian John Hume meninggal dunia hari Senin (3/8) dalam usia 83 tahun.

Hume, pemimpin Katolik di Partai Sosial Demokrat dan Buruh (SDLP) yang berhaluan moderat di Irlandia Utara, bersama-sama meraih Nobel 1998 dengan David Trimble, Menteri I Irlandia Utara ketika itu, atas peran mereka dalam memastikan tercapainya perjanjian perdamaian pada Jumat Agung 1998.

Hume menghadapi kemunduran gerakan nasionalis di Irlandia Utara dan dorongan bagi pemerintahan otonom di provinsi yang diperintah Inggris itu, dengan masukan dari semua pihak. Ia berharap pada akhirnya akan mencapai persatuan dengan Republik Irlandia.

Hume pernah mengatakan, “Irlandia bukan sebuah mimpi romantis, bukan sekadar bendera. Irlandia adalah 4,5 juta orang yang terbagi menjadi dua tradisi yang kuat. Solusinya akan ditemukan bukan berbasis pada kemenangan bagi salah satunya, tetapi berdasarkan kesepakatan dan kemitraan antara keduanya. Pembagian nyata Irlandia bukanlah garis yang ditarik pada peta, tetapi pada pikiran dan hati rakyatnya.”

Hume mengumumkan pensiun sepenuhnya dari politik pada 4 Februari 2004. [uh/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG