Tautan-tautan Akses

Jerman akan Perluas Visa Pencari Kerja


Polisi perbatasan Jerman memeriksa paspor di Bandara Berlin Tegel, Jerman. (Foto: dok).

Pemerintah Jerman menyatakan akan memperluas sistem visa yang berlaku enam bulan yang memungkinkan orang-orang dari luar Uni Eropa untuk mencari pekerjaan, sementara negara itu berupaya mengatasi masalah kekurangan pekerja terampil.

Menteri Dalam Negeri Horst Seehofer, Selasa (2/9) menyatakan bahwa visa, yang sekarang ini hanya tersedia bagi lulusan universitas, akan diperluas hingga ke orang-orang yang memiliki keterampilan.

Ia menekankan Jerman tidak ingin “imigrasi menjadi sistem kesejahteraan sosial.” Para pelamar akan diharuskan membuktikan bahwa mereka dapat menghidupi diri mereka sendiri dan mampu berbahasa Jerman.

Menteri Tenaga Kerja, Hubertus Heil, mengatakan pemerintah juga menyetujui suatu solusi pragmatis untuk menolak menyingkirkan para pencari suaka yang memiliki pekerjaan di Jerman dan telah membaur dengan baik.

Ia mengatakan pemerintah bertujuan untuk memberi mereka suatu status yang dapat diandalkan, sehingga pemerintah tidak keliru memulangkan orang dan kemudian berupaya keras untuk merekrut pekerja terampil dari negara-negara ketiga. [uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG