Tautan-tautan Akses

Jepang Protes Kehadiran Kapal-kapal China Dekat Kepulauan yang Disengketakan


Kapal angkatan laut China terlihat berada di dekat kapal AL Jepang dekat Kepulauan Senkaku atau Diaoyu di Laut China Timur, Kamis (11/1).

Jepang telah mengajukan protes resmi terhadap China setelah sebuah kapal angkatan laut China terlihat di Laut China Timur dekat sekelompok kepulauan yang diklaim oleh kedua negara.

Sebuah kapal fregat China terlihat Kamis (11/1) di luar batas 22 kilometer yang membentuk wilayah perairan Jepang yang mengelilingi pulau-pulau tersebut.

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan sebuah kapal selam asing, yang juga diyakini milik China, terdeteksi di wilayah yang sama pada hari Rabu dan Kamis.

Di Tokyo, Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Shinsuke Sugiyama memanggil duta besar China Cheng Younghua ke Kementerian Luar Negeri untuk mengungkapkan “keprihatinan serius” tentang insiden tersebut.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Lu Kang mengatakan kepada para wartawan di Beijing bahwa kedua kapal tersebut berada di wilayah itu untuk memantau kegiatan kapal-kapal Jepang. [lt]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG