Tautan-tautan Akses

AS

Jaksa Agung AS akan Bersaksi di Hadapan Kongres Bulan Juli


Jaksa Agung AS William Barr

Seorang juru bicara Departemen Kehakiman AS, Rabu mengatakan Jaksa Agung AS William Barr telah setuju untuk bersaksi di hadapan Komite Kehakiman DPR AS bulan depan ketika panel itu menyelidiki dugaan adanya politisasi di departemen tersebut.

Panel yang dipimpin Partai Demokrat telah melakukan dengar pendapat mengenai bagaimana Barr dan departemen Kehakimannya telah mengganggu penyelidikan tentang kemungkinan kesalahan Presiden AS Donald Trump atau mengeluarkan keputusan yang menguntungkan bagi presiden.

Dalam sidang Rabu, panel itu mendengar dua jaksa federal yang bersaksi mengenai tekanan dan pengaruh yang mereka alami langsung dari jaksa agung itu.

Jaksa federal Aaron Zelinksy mengatakan kantor Jaksa Agung AS di Washington mendapat tekanan dari pimpinan tertinggi Departemen Kehakiman untuk mengurangi rekomendasi hukuman bagi teman lama Presiden Donald Trump, Roger Stone.

Dalam sambutan pembukaannya, Ketua Komite Kehakiman Jerry Nadler mengatakan tugas Barr di Departemen Kehakiman tidak ada kaitannya dengan menegakkan keadilan. Ia justru menyelesaikan masalah presiden. Ia menunjukkan kepada kita semua bahwa ada satu set aturan untuk teman-teman presiden, dan satu set aturan untuk yang lainnya, kata Nadler.

Partai Republik di Komite itu membela Barr.

Ketika Barr bersaksi nanti, satu kasus yang tidak diragukan lagi akan ditanyakan oleh komite adalah keprihatinan terkait mantan Penasihat Keamanan Nasional Trump Michael Flynn.

Bulan lalu, Barr mengeluarkan keputusan untuk membatalkan tuduhan terhadap Flynn, yang dinyatakan bersalah karena berbohong kepada FBI tentang kontaknya dengan duta besar Rusia. Sebelumnya Rabu, Pengadilan Banding AS menguatkan keputusan departemen kehakiman setelah seorang hakim memilih untuk tidak segera melaksanakan keputusan tersebut.

Barr diangkat sebagai jaksa agung tahun lalu, menggantikan Jeff Sessions. [my/ii]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG