Tautan-tautan Akses

Inggris Susun Rencana untuk Berlakukan Sanksi atas Iran dalam Pertikaian Tanker


Inggris Susun Rencana untuk Berlakukan Sanksi atas Iran dalam Pertikaian Tanker
mohon tunggu
Embed

No media source currently available

0:00 0:03:05 0:00

Pejabat Inggris sedang menyusun rencana untuk memberlakukan sanksi terhadap Iran setelah terjadi penyitaan sebuan tanker minyak berbendera Inggris di Selat Hormuz, dan Inggris mendesak negara-negara Uni Eropa untuk memberlakukan kembali sanksi yang dihapuskan pada 2016

CR: 28680127 Britain Iran Sanctions
HEAD: Britain Drafts Plans To Sanction Iran In Tanker-Quarrel
INGGRIS SEDANG MENYUSUN RENCANA UNTUK MEMBERLAKUKAN SANKSI TERHADAP IRAN DALAM PERTIKAIAN TANKER

INTRO:
Pejabat Inggris sedang menyusun rencana untuk memberlakukan sanksi terhadap Iran setelah terjadi penyitaan sebuan tanker minyak berbendera Inggris di Selat Hormuz, dan Inggris mendesak negara-negara Uni Eropa untuk memberlakukan kembali sanksi yang dihapuskan pada 2016 sebagai bagian dari persetujuan Teheran untuk menghentikan program nuklirnya. Berikut laporannya dibawakan oleh Jimmy.
TEKS:
Pemerintah Inggris berada di bawah tekanan kuat dari anggota parlemen untuk bertindak tegas dalam pertikaian yang meningkat di antara ke dua negara. Di parlemen kritik semakin tajam atas kurangnya perlindungan AL untuk tanker-tanker minyak Inggris di Selat Hormuz.
PM Inggris yang akan segera undur diri, Theresa May, dituduh oleh beberapa anggota parlemen dan pejabat militer karena gagal menyetujui sebuah sistem patroli AL gabungan, sebuah upaya yang dianjurkan oleh Amerika. Downing Street berpendapat, kalau Inggris ikut dalam operasi gabungan AL yang diusulkan Amerika itu maka hal itu tampak seakan-akan Inggris mendukung pendekatan garis keras dan pemberlakukan sanksi terhadap Iran yang didukung Presiden Trump, demikian menurut pejabat Inggris dan Amerika.
Menhan Inggris Tobias Ellwood mengatakan kepada BBC Minggu bahwa Downing Street sedang mengkaji kemungkinan memberlakukan sanksi terhadap Iran sehubungan penyitaan kapal berbendera Inggris, namun dimiliki Swedia, Stena Impero dan krewnya sebanyak 23 orang itu. Sanksi itu termasuk pembekuan aset Iran. Ditanya tentang sanksi itu, Ellwood mengatakan, “Kami sedang meninjau serangkaian opsi.”
Pada Minggu, rekaman audio baru dirilis yang berisi perintah-perintah dari Pasukan Pengawal Iran dan AL Inggris kepada tanker itu. Terdengar pihak Iran memerintahkan kapten kapal itu untuk mengubah arah pelayaran, dan seorang tentara Iran mengatakan, “Kalau Anda patuh, Anda akan aman.”
Seorang perwira Inggris dari kapal fregat HMS Montrose terdengan mengatakan, “Ini kapal perang Inggris F236. Saya tekankan, ketika Anda melakukan sebuah pelayaran transit di sebuah selat internasional, berdasarkan hukum internasional pelayaran Anda tidak boleh dihambat.” HMS Montrose berada pada jarak satu jam pelayaran dari tanker itu ketika dikelilingi oleh kapal-kapal Iran yang kecil dan berkecapatan tinggi, dan sebuah helikopter.
Kemudian terdengara perwira Inggris menuntut dari pihak Iran, “konfirmasikan Anda tidak bermaksud melanggar hukum internasional dan secara ilegal berusaha naik ke MV Stena.”
XS
SM
MD
LG