Tautan-tautan Akses

India Berharap Akhiri Penggunaan Plastik Sekali Pakai dalam 3 Tahun


Para pemungut botol plastik di New Delhi, India, 26 September 2019. (Foto: dok).
Para pemungut botol plastik di New Delhi, India, 26 September 2019. (Foto: dok).

India, Rabu (2/10), mengumumkan rencana ambisius yang ditujukan untuk mengakhiri penggunaan plastik sekali pakai dalam waktu tiga tahun.

Chintan Mishra, pejabat Kementerian Lingkungan, mengatakan, usaha untuk membangkitkan kesadaran publik untuk menentang plastik sekali pakai dimulai Rabu, pada peringatan hari lahir ke-150 pemimpin kemerdekaan Mohandas Karamchand Gandhi, yang juga dikenal sebagai Mahatma Gandhi.

Kebanyakan negara bagian di India telah memiliki peraturan mengenai plastik sekali pakai. Pemerintah pusat telah meminta semua negara bagian untuk mengakhiri penggunaannya sebelum tahun 2022, namun tidak memberlakukan larangan penggunaannya.

Chitra Mukherjee, direktur urusan kebijakan grup periset lingkungan Chintan, mengatakan, sungguh mengecewakan bahwa pemerintah tidak memberlakukan larangan nasional. “Produk-produk tertentu seperti pengaduk, cangkir, sedotan dan kemasan plastik sangat mudah dilarang, karena ada penggantinya dan tidak memiliki nilai daur ulang,” katanya.

Meski demikian usaha ini kemungkinan menghadapi tantangan besar. Ribuan pabrik berukuran kecil dan sedang yang saat ini memproduksi plastik sekali pakai akan terpaksa tutup jika diberlakukan larangan nasional.

“Sementara ekspor plastik India tidak akan terpengaruh, industri domestik akan terpukul,” kata surat kabar Business Standard mengutip pernyataan Sribash Dasmohapatra, Ketua Dewan Promosi Ekspor Plastik India. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG