Tautan-tautan Akses

India akan Buka Sebagian Mal, Hotel dan Restoran


Seorang pedagang mengenakan masker menunggu pembeli di samping tumpukan nanas di pasar buah-bahan di Bengaluru, India, 30 Mei 2020.
Seorang pedagang mengenakan masker menunggu pembeli di samping tumpukan nanas di pasar buah-bahan di Bengaluru, India, 30 Mei 2020.

Para pejabat di India mengatakan sebagian mal perbelanjaan, hotel, restoran dan rumah ibadah akan diperbolehkan buka kembali setelah karantina wilayah Covid-19. Namun wilayah-wilayah yang paling terkena dampaknya mungkin masih akan lockdown sebulan lagi.

Sementara kasus-kasus virus korona mencapai titik tertinggi baru dalam beberapa hari belakangan, Perdana Menteri Narendra Modi mengatakan bahwa "pertempuran (melawan Covid-19) akan berlanjut" dan mengimbau rakyat untuk mematuhi panduan karantina untuk menghentikan penyebaran pandemi.

"Negara kita diselimuti berbagai masalah di tengah populasi yang padat dan sumber daya yang terbatas," kata Modi dalam surat terbuka kepada bangsa pada Sabtu (30/5), menandai setahun masa jabatan kedua pemerintahannya.

Pada waktu yang sama, dia menyuarakan nada optimisme, mengatakan bahwa India berada pada jelur menuju "kemenangan" dalam pertempuran melawan virus corona dan akan menjadi contoh dalam "kebangkitan ekonomi" menyusul penutupan sebagian besar bisnis selama dua bulan di negara itu.

Keputusan untuk membuka lagi sebagian ekonominya muncul ketika negara itu mencatat lonjakan kasus baru tertinggi pada Jumat (29/5), menambah hampir 8.000 infeksi baru. Negara terpadat kedua di dunia itu kini memiliki 174 ribu kasus dan termasuk di antara 10 negara yang paling terkena dampaknya di dunia. Hampir 5.000 telah meninggal dunia dan para pakar kesehatan telah memperingatkan bahwa puncak pandemi belum juga tiba. [vm/ft]

Recommended

XS
SM
MD
LG